Contoh Rpp Kelas Rangkap Sd Iii Dan Iv
Contoh RPP Kelas Rangkap SD III dan IV
Contoh RPP Kelas Rangkap SD III dan IV
Kelas rangkap adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar yang menggabungkan dua atau lebih kelas dengan tingkat kemampuan yang berbeda dalam satu ruang belajar. Kelas rangkap biasanya dilakukan di daerah terpencil atau terisolasi yang memiliki keterbatasan jumlah guru, peserta didik, dan fasilitas. Kelas rangkap memerlukan perencanaan pembelajaran yang matang dan strategis agar dapat mencapai tujuan kurikulum secara optimal.
Salah satu kurikulum yang digunakan di sekolah dasar adalah Kurikulum 2013 (K-13). Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Kurikulum 2013 juga mengadopsi pendekatan tematik-integratif yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema pembelajaran. Penerapan kurikulum 2013 di kelas rangkap membutuhkan penyesuaian dan kreativitas dari guru agar dapat mengakomodasi kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang beragam.
Download Zip: https://9jufamcontso.blogspot.com/?bb=2w3BN2
Berikut adalah contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kelas rangkap SD III dan IV dengan menggunakan kurikulum 2013. Contoh RPP ini diadaptasi dari sumber-sumber yang tercantum di akhir artikel.
Contoh RPP Kelas Rangkap SD III dan IV Tema Lingkungan
Komponen
Deskripsi
Sekolah
SD Negeri 01 Contoh
Kelas/Semester
III dan IV/1
Tema/Subtema/Pembelajaran
Lingkungan/Tumbuhan/1
Alokasi Waktu
4 x 35 menit
Mata Pelajaran
IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, PJOK
Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD-3.1: Menjelaskan ciri-ciri dan manfaat tumbuhan bagi kehidupan.IPK-3.1.1: Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan.IPK-3.1.2: Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi kehidupan.KD-3.2: Menjelaskan peranan tumbuhan dalam menjaga keseimbangan lingkungan.IPK-3.2.1: Menyebutkan peranan tumbuhan dalam menjaga keseimbangan lingkungan.IPK-3.2.2: Memberikan contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan lingkungan melalui pelestarian tumbuhan.KD-4.1: Mengamati dan mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya.IPK-4.1.1: Mengamati tumbuhan yang ada di sekitar sekolah atau rumah.IPK-4.1.2: Mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya, misalnya bentuk daun, warna bunga, jenis buah, dan sebagainya.KD-4.2: Membuat karya seni dan prakarya dengan menggunakan bahan bekas atau alam.IPK-4.2.1: Membuat karya seni dengan menggunakan bahan bekas atau alam, misalnya membuat hiasan dari daun kering, membuat kerajinan dari biji-bijian, dan sebagainya.IPK-4.2.2: Mempresentasikan karya seni dan prakarya yang telah dibuat.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, peserta didik dapat:- Menyebutkan ciri-ciri dan manfaat tumbuhan bagi kehidupan.- Menyebutkan peranan tumbuhan dalam menjaga keseimbangan lingkungan.- Memberikan contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan lingkungan melalui pelestarian tumbuhan.- Mengamati dan mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya.- Membuat karya seni dan prakarya dengan menggunakan bahan bekas atau alam.- Mempresentasikan karya seni dan prakarya yang telah dibuat.
Materi Pembelajaran
Contoh RPP Kelas Rangkap SD III dan IV
Contoh RPP Kelas Rangkap SD III dan IV
Kelas rangkap adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar yang menggabungkan dua atau lebih kelas dengan tingkat kemampuan yang berbeda dalam satu ruang belajar. Kelas rangkap biasanya dilakukan di daerah terpencil atau terisolasi yang memiliki keterbatasan jumlah guru, peserta didik, dan fasilitas. Kelas rangkap memerlukan perencanaan pembelajaran yang matang dan strategis agar dapat mencapai tujuan kurikulum secara optimal.
Salah satu kurikulum yang digunakan di sekolah dasar adalah Kurikulum 2013 (K-13). Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pada pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Kurikulum 2013 juga mengadopsi pendekatan tematik-integratif yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema pembelajaran. Penerapan kurikulum 2013 di kelas rangkap membutuhkan penyesuaian dan kreativitas dari guru agar dapat mengakomodasi kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang beragam.
Berikut adalah contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) kelas rangkap SD III dan IV dengan menggunakan kurikulum 2013. Contoh RPP ini diadaptasi dari sumber-sumber yang tercantum di akhir artikel.
Contoh RPP Kelas Rangkap SD III dan IV Tema Lingkungan
Komponen
Deskripsi
Sekolah
SD Negeri 01 Contoh
Kelas/Semester
III dan IV/1
Tema/Subtema/Pembelajaran
Lingkungan/Tumbuhan/1
Alokasi Waktu
4 x 35 menit
Mata Pelajaran
IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, PJOK
Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD-3.1: Menjelaskan ciri-ciri dan manfaat tumbuhan bagi kehidupan.IPK-3.1.1: Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan.IPK-3.1.2: Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi kehidupan.KD-3.2: Menjelaskan peranan tumbuhan dalam menjaga keseimbangan lingkungan.IPK-3.2.1: Menyebutkan peranan tumbuhan dalam menjaga keseimbangan lingkungan.IPK-3.2.2: Memberikan contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan lingkungan melalui pelestarian tumbuhan.KD-4.1: Mengamati dan mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya.IPK-4.1.1: Mengamati tumbuhan yang ada di sekitar sekolah atau rumah.IPK-4.1.2: Mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya, misalnya bentuk daun, warna bunga, jenis buah, dan sebagainya.KD-4.2: Membuat karya seni dan prakarya dengan menggunakan bahan bekas atau alam.IPK-4.2.1: Membuat karya seni dengan menggunakan bahan bekas atau alam, misalnya membuat hiasan dari daun kering, membuat kerajinan dari biji-bijian, dan sebagainya.IPK-4.2.2: Mempresentasikan karya seni dan prakarya yang telah dibuat.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, peserta didik dapat:- Menyebutkan ciri-ciri dan manfaat tumbuhan bagi kehidupan.- Menyebutkan peranan tumbuhan dalam menjaga keseimbangan lingkungan.- Memberikan contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan lingkungan melalui pelestarian tumbuhan.- Mengamati dan mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya.- Membuat karya seni dan prakarya dengan menggunakan bahan bekas atau alam.- Mempresentasikan karya seni dan prakarya yang telah dibuat.
Mater